iklan

Rujak Cireng, Camilan Yang Bikin Ngiler!! Ini Dia Resep Rujak Cireng Rumahan Yang Menggoda Selera

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Rujak dan cireng tentunya merupakan menu makanan yang memiliki keistimewaannya masing-masing. Rujak terkenal dengan paduan bumbunya yang lezat dan cireng terkenal dengan jajanan yang enak nan mengenyangkan. Nah kali ini ada ide inspiratif yang memadukan antara rujak dan cireng yang menjadi paduan kreatifitas yang pastinya bakalan mengoda selera bunda lhooo.. 😀 ini dia kreasi baru bun, Resep membuat rujak cireng menggoda selera.

Cireng adalah salah satu makanan khas dari Jawa Barat tepatnya Kota Bandung. Banyak dari berbagai lapisan dan kalangan masyarakat yang menggemari camilan yang memiliki rasa gurih ini. Bunda ngga usah heran jika banyak tukang cireng yang menjual dagangannya dipinggiran jalan saat bunda mengunjungi ke kota Bandung. Namun, setiap masakan haruslah ada kreasi barunya ya supaya kita ngga bosen. Agar dapat memuaskan para penikmatnya, banyak pembuat cireng yang mengolaborasikan makanan favorit masyarakat tsb dengan paduan bumbu rujak yang membuat rasa pedes dan pastinya membuat paduan rasa yg gurih bercampur pedes yg membuat dirasakan saat menyantapnya.

Cireng merupakan menu makanan yg mulai dikreasikan dengan campuran dan pemberian rasa rujak yang pastinya menggoyang lidah kalangan penikmatnya. Rasanya yang kental dengan paduan rasa pedas dan kacang yg menyajikan pilihan sensasi dan rasa istimewa bagi kalangan konsumen pecinta makanan pedas / rujak. Bagi bunda yang ingin memberikan menu spesial ini untuk suami dan anak-anak kesayangan bunda dirumah.

Makanan rujak cireng ini pastinya bakalan membuat bunda dan keluarga yang mencicipinya akan ketagihan akan kelezatannya lhoo, bagaimana tidak, cireng yang enak dipadu dengan bumbu rujak yang mengoda selera membuat menu makanan ini menjadi topik pencarian resep makanan yang paling dicari lhoo bunda. Cara membuat cireng dengan bumbu rujak ini membutuhkan takaran bumbu yang pas agar dapat memberikan sensasi rasa masakan yang istimewa bagi bunda. Menu makanan cireng bumbu rujak ini juga juga bisa menjadi pilihan menu saat bersantai buat keluarga di rumah. Disamping rasanya yg menggoyang lidah, menu ini mampu meningkatkan selera makanan bagi semua anggota keluarga ya bun. Namun bagaimana cara pembuatan cireng bumbu rujak satu ini? Simak ulasan informasinya dalam resep rujak cireng berikut ini ya. Untuk itu persiapkanlah bahan-bahan pembuatan berikut ini.

Bahan kering :

2 batang daun bawang, iris halus
1/2 bagian bumbu halus
250 gr tepung tapioka / kanji

Bahan-bahan cireng :

1 sdm tepung tapioka/kanji
1/2 bagian bumbu halus
180 cc air

Bumbu halus :

5 siung bawang putih
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt kaldu bubuk jamur
Bahan-bahan bumbu rujak :
terasi (secukupnya)
5 buah cabe rawit (sesuai selera)
2 blok kecil gula merah
garam dan gula pasir secukupnya
asem jawa (secukupnya)
air mateng secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatannya berikut ini :

  1. Rajang Halus Daun Bawang, lalu Uleg Bumbu Halus Dan kemudian persiapkan semua bahan-bahannya.
  2. Dalam Sebuah Panci Campur 1 Sdm Tepung Tapioka Dg Air Dan 1/2 Bagian Bumbu Halus. Masak Diatas Api, Aduk Rata Hingga Seperti Lem.
  3. Dalam sebuah baskom campur tepung Tapioka, 1/2 bagian Bumbu Halus, Adonan Basah dan juga Daun Bawang. Kemudian aduk hingga rata lalu icip rasanya.
  4. Kemudian uleni hingga adonan tidak lengket. (jika masih lengket, tambahkan tepung tapioka).
  5. Setelah itu bentuk pipih dgn ditaburi tepung tapioka (supaya ga lengket), kemudian letakkan di baki. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Kemudian goreng dalam minyak dg suhu sedang sampai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  7. Dalam sebuah cobek masukkan semua bahan bumbu rujak.
  8. Lalu uleg bahan bumbu rujak lalu tambahkanlah air secukupnya saja. Dan jadilah bumbu rujak yang siap disajikan.
  9. Sajikan cireng dalam keadaan hangat dengan disertai bumbu rujak.


Setelah bunda mengetahui cara membuat rujak cireng, bunda bisa langsung pergi ke dapur untuk mencoba resep cireng khas Bandung. Siapa tahu cireng bumbu rujak yang bunda buat malah lebih enak daripada cireng yang dijual diluaran ya hehe.. Bunda pun juga bisa membuat cireng sesuai dengan selera bunda dan keluarga. Semoga informasi di atas bisa dijadikan bisa bermanfaat buat bunda yang sedang belajar memasak .

Ide penyajian rujak cireng yang bisa dicoba, enak banget dinikmati pada saat waktu istirahat dan bersantai
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90