iklan

Resep Legendaris Membuat Bubur Sumsum Istimewa Praktis Lembut dan Nikmat !

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Bubur sum sum..bubur putih bersih..dari Jawa..sangat lembut dan enak rasanya. Gurihnya bubur dari tepung beras dan santan, di padu saus gula merah yang kental dan harum pandan..siapa yang bisa menolaknya ya..^^

Aku suka sekali bubur sum sum..dari kecil udah sering makan bubur ini. Kalau di Yogya..bubur sum sum di jual  di pasar2 tradisional..atau kadang di jajakan oleh mbah2 yang keliling bawa tenggok ( keranjang dari bambu ) gitu. Selain bubur sum sum..di jual juga bubur gempol..atau di Yogya di sebutnya jenang gempol... enak semua dech.

Membuat bubur sum sum itu mudah saja..tapi..kalau kita nggak hati2 bisa menggumpal buburnya atau bergerindil..atau terlalu padat ..nggak lembut. Nah..biar hasil bubur sum sum nya enak dan lembut..membelai lidah..ada beberapa tips  nich..semoga bermanfaat ya teman2..^^

Pakai santan agak kental yang segar untuk membuat bubur sum sum supaya hasilnya bisa enak, halus dan mengkilat, serta gurih bubur nya. Minimal perbandingannya..untuk 100 gram tepung beras..di pakai 650 ml santan dari 1/2 butir kelapa. atau jika terpaksa dari santan instan yang di encerkan juga bisa..cuma pilihlah santan isntan yang nggak neg..jadi nggak dominan aroma santan instannya. Rekomen ku sich Bumas..I love it..rasanya natural..kayak kelapa asli..^^

Aslinya..kalau di Yogya bubur sum sum pakai tepung beras fresh..yang baru di giling..karena kalau di Yogya..banyak tempat penggilingan tepung di pasar2. Cuma jika tidak ada yang pakai tepung beras kemasan tdak masalah..cuma pilih yang bagus ya...biar nggak bau apek tepung berasnya
Cairkan dahulu tepung beras dengan sebagian santan, jangan langsung di tuang tepungnya ya..di atas santan yang di didihkan..nanti bisa menggumpal dech buburnya kalau begitu.
Masak bubur sambil terus di aduk2 ya..sampai mengental dan meletup2, dan tetep masak sampai benar2 tanak ( masak dan nggak bau tepung )

Tambahkan daun pandan di bubur sum sum..makan bubur sum sum nya akan semakin harum.

Jangan lupakan garam ya teman2..jika buat bubur sum sum...untuk jajanan pasar manis sekalipun..garam walaupun cuma seujung jari..sangat penting.
Agar kuah kinco / gula merah lebih enak dan beraroma..tambahkan daun pandan, dan kayu manis..pasti dech kuahnya akan semakin enak dan beraroma..
Oke..di atas sedikit tips2 ya ..cara buat bubur sum sum biar oke....nah sekarang ini dia resepnya ya..silahkan di coba ya teman2..jika suka...pas dan enak sekali lho..

Bahan-bahan:

  • 100 g tepung beras yang bagus
  • ½ sdt garam
  • 650 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong


Bahan Saus:

  • 200 g gula merah, sisir
  • 200 ml air
  • 3 cm kayu manis batangan,cuci bersih
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • sedikit garam

Cara membuat:

  1. Campur tepung beras, dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata.
  2. Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih.
  3. Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Masak terus dan aduk terus agak lama biar dgn api kecil agar tidak bau tepung mentah. Angkat. 
  4. Saus: Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Masak terus dengan api kecil hingga kuah gula merah mengental dan kecoklatan. Angkat, saring.
  5. Sajikan bubur dengan Sausnya.




Sumber : diahdidi.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90