iklan

Resep Tongseng Ayam Kuah Santan Yg Enak dan Gurih

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Tongseng Ayam Kuah SantanResep Tongseng Ayam Santan Gurih Dan Enak
- Tongseng adalah salah satu masakan berkuah santan dan memiliki rasa yang gurih, sedikit manis dan pedas, bahan dasar dari tongseng ini ialah daging kambing di tambah dengan irisan kubis, tomat dan potongan cabe rawit. Dari segi tampilanya sekilas terilahat seperti gulai, namun tetapi proses memasak dan rasanya sangat berbeda.

Masakan tongseng pertama di kenal memakai bahan utamanya daging kambing yang di iris, dan teknik memasaknya juga hanya meredam bau yang khas dari daging kambing. Namun seiring berjalanya waktu, beberapa orang lebih menyukai mamakai daging sapi dan daging ayam sebagai bahan utamanya.
Perlu bunda ketahui tongseng daging ayam mempunyai rasa yang tidak kalah nikmatnya dari tongseng daging kambing atau sapi. Kuah santannya masih tetap mendominasi empuknya daging ayam, di tambah irisan kubis dan tomat serta cabe rawit. Apabila bunda menginginkan membuat tongseng yang lebih unik, bunda bisa memadukan antara daging dengan jeroan, misalnya menambahkan ati ampela, dan ceker ayam.
Apabila bunda tertarik dengan masakan tongseng ayam ini?... Persiapkan bahan-bahan dan ikuti cara memasak tongseng ayam yang enak dan lezat di bawah langkah ini.
Note : Jika bunda belum pernah memasak tongseng ini sebaiknya menggunakan daging dada ayam terlebih dahulu sebelum bunda bereksperimen menggunakan bahan utamanya dengan daging bagian yang lainnya.

Tongseng Ayam Santan


Bahan - Bahan
  1. Dada ayam sebanyak 500 gram lalu dipotong-potong sesuai selera
  2. Tomat hijau sebanyak 4 buah
  3. Daun kol sebanyak 5 lembar lalu di iris tipis
  4. Kentang sebanyak 2 butir ukuran sedang, lalu dipotong-potong sesuai selera
  5. Cabai rawit merah sebanyak 10 buah
  6. Bawang merah sebanyak 6 siung
  7. Bawang putih sebanyak 3 siung
  8. Kemiri sebanyak 3 butir disangrai
  9. Serai sebanyak 1 batang dikeprak
  10. Cabai merah keriting sebanyak 4 buah
  11. Ketumbar sebanyak ½ sendok teh
  12. Santan kental sebanyak 10 sendok makan
  13. Air sebanyak 600 cc
  14. Kecap manis secukupnya
  15. Bubuk kaldu ayam, merica, garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Tongseng Ayam
  • Haluskan 3 butir kemiri, dengan 4 buah cabai merah keriting, ½ sendok teh ketumbar, 6 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih menggunakan ulekan.
  • Panaskan 3 sendok makan minyak goreng di atas wajan, lalu tumis bumbu halus tersebut dan tambahkan 1 batang serai hingga tercium wangi.
  • Masukkan 500 gram daging ayam yang sudah di potong-potong, ke dalam tumisan bumbu dan masak sampai daging berwarna putih.
  • Setelah itu masukan 10 sendok makan santan kental dan 600 cc air aduk rata.
  • Kemudian segera masukkan 2 butir kentang, 10 buah cabai rawit dan 4 buah tomat, beserta kaldu ayam bubuk, gula, garam, merica dan kecap kental manis secukupnya atau sesuai selera.
  • Jika kentang sudah terlihat empuk langsung masukkan 5 lembar kol yang sudah di iris dan masak sebentar saja karena kol nya jangan sampai terlalu matang/layu.
  • Test rasa dengan mencicipi kuahnya sedikit, lalu Jika merasa sudah pas di lidah, angkat segera dari atas kompor.
Resep Membuat Tongseng Ayam Santan yang Enak dan Gurih kini siap untuk di sajikan dengan nasi putih panas, dan jangan lupa tambahkan taburan bawang goreng di atasnya, dan hadirkan kerupuk bawang/udang serta irisan jeruk nipis supaya rasanya lebih wangi dan maknyosssss.

Catatan : Bunda jangan sekali-kali memasak tongseng menggunakan tomat merah, karena tomat merah mudah hancur ketika di masak dan mengakibatkan dapat mempengaruhi cita rasa tongseng yang bunda bikin.
Resep & Gambar by: Bunda Tintin Rayner
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90