iklan

Resep Pempek Dos ala Ny Liem Tetap Enak dan Gurih Meskipun Tanpa Ikan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Pempek DosPempek Dos ala Ny. Liem
- Pempek biasanya identik dengan ikan, mau ikan tenggiri atau ikan sejenis yang lainnya. ternyata ada juga resep pempek yang tidak sama sekali menggunakan ikan. Namanya yaitu pempek Dos. Jenis pempek ini sangat cocok untuk mereka yang alergi atau tidak begitu menyukai ikan laut. selain itu Pempek Dos ini salah satu pempek yang cukup murah-meriah, karena mengingat bahan yang paling mahal dalam membuat pempek itu ikan tenggirinya. Apakah bunda mau coba jualan pempek yang modalnya cukup murah meriah? bunda bisa mencoba dengan resep pempek Dos ini, hehehehe..

Meskipun pembuatan pempek dos ini tidak memakai ikan, tetapi rasanya tetap enak dan gurih bingiit. Apalagi resep Ny. Liem ini sudah tidak di ragukan lagi karena resep dari beliu sudah terkenal dan terbukti enak. Rasa gurih dari Pempek Dos ini di hasilkan dari telor, kaldu bubuk yang terkandung pada adonan, dan juga ebi kering yang ada di dalam kuah cukonya. pasti bunda pembaca setia INIRecipes Penasaran kan? yuuuk kita langsung coba bikin di rumah dan berikut resepnya :
Pempek Dos ala Ny. Liem
Bahan-bahan:
  • Air sebanyak 250 ml
  • Tepung tapioka atau tepung saguatau tepung kanji atau juga tepung kentang (potato starch) sebanyak 200 gram
  • Tepung terigu serba guna (aku pakai Segitiga Biru) sebanyak 125 gram
  • Telur sebanyak 2 butir
  • Garam sebanyak 2 sendok teh
  • Kaldu bubuk 1 1/2 sendok teh

Bahan Untuk Isi:
  • Telur sebanyak 4 butir lalu dikocok lepas dan kasih sedikit garam

Bahan Untuk Saus Cuko Pempek
  • Air sebanyak 500 ml
  • Gula merah sebanyak 200 gram
  • Gula pasir sebanyak 100 gram
  • Cuka sebanyak 3 sendok makan atau air asam Jawa sebanyak 100 ml

Bahan Bumbu yang dihaluskan untuk saus cuko:
  • Bawang putih sebanyak 8 siung
  • Cabai rawit merah sebanyak 5 buah
  • Cabai merah keriting sebanyak 3 buah
  • Ebi kering sebanyak 1 1/2 sendok makan
  • Garam sebanyak 1/2 sendok makan

Cara Membuat Saus Cuko:
  1. Dalam panci kecil, masak 500 ml air dengan gula, bumbu yang dihaluskan dan 1/2 sendok makan garam sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih segera matikan api, lalu masukkan 3 sendok makan cuka. Aduk rata dan test rasanya, jika perlu bisa bunda tambahkan sedikit cuka dan gula. dan saring saus cuko lalu buang ampasnya.

Cara Membuat pempek dos:
  1. Persiapkan tepung terigu di dalam wadah. Rebus air dengan kaldu bubuk dan garam hingga mendidih, lalu tuangkan air tersebut ke dalam wadah yang berisi tepung terigu tadi., kemudian aduk secara cepat hingga adonan tercampur dengan rata dan biarkan hangat.
  2. Setelah adonan hangat masukan telur dan aduk rata, lalu masukkan tepung sagu/tapioka sedikit-sedikit sambil adonan terus diaduk menggunakan centong kayu sampai rata, tidak usah diuleni dan adonan akan terlihat agak lengket..
  3. Masukkan air kedalam panci dan rebus hingga mendidih, lalu masukkan minyak goreng sedikit saja ke dalam air yang sudah mendidih itu.
  4. Lumuri tangan dan nampan dengan tepung terigu agar tidak lengket ketika mencetak adonan.
  5. Cetak adonan pempek dos di atas talenan untuk bikin pempek berbentuk lenjer, dan untuk pempek isi telur, cetak adonan berbentuk seperti mangkok lalu masukkan 1 sendok makan kocokan telur kedalamnya atau sesuai selera dan tutup adonan yang sudah di bentuk dengan menyatukan kedua sisi-sisinya.
  6. Setelah adonan selesai di cetak, langsung  bunda rebus, dan jangan menunggu adonan habis di cetak dulu.
  7. Masak atau rebus adonan hingga mengapung dan matang.
  8. Panaskan minyak goreng di atas wajan lalu goreng pempek menggunakan api sedang hingga matang. Tips supaya minyak goreng tidak meletup-letup ketika menggoreng pempek, pertama panaskan dulu minyak hingga hangat, lalu matikan apinya kemudian masukkan pempek, dan goreng menggunakan api kecil.
  9. Untuk penyajian pempek dos ini, setelah pempek selesai di goreng, potong-potong pempek sesuai selera, lalu tata di atas piring, lalu siram dengan kuah cuko. kemudian jika bunda suka bisa menambahkan irisan mentimun dan mie bihun yang sudah direbus.
  10. Pempek dos ini selain digoreng, adonan pempek yang sudah di rebus bisa bunda panggang.
Selamat mencoba bunsay ya, semoga berhasil dan keluarga menyukainya, eummm nyam nyam....

Resep dan foto by http://www.justtryandtaste.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90